Kedewasaan Manusia

Bila kita mengerti bahwa rasa 'sakit' Itu memang "harus ada" pada setiap orang, maka ia layak disikapi dengan berusaha mengabaikan rasa sakit itu sendiri, karena sesungguhnya dibalik rasa tidak enak itu semua menyimpan hikmah yang merupakan proses 'Penedewasaan' manusia*.
*Merasa bersalah itu wajar dan manusiawi, karena itu bukti bahwa kita masih punya hati dan perasaan. Orang yang tidak hidup hatinya dan sulit merasa bersalah, maka tidak ada lagi prospek untuk menyesali diri dan memperbaiki kesalahan yang ada*.
*Pendewasaan itu datangnya dari 'Masalah' yang diselesaikan dengan baik. Karena hidup itu sendiri adalah rangkaian masalah yang terus hadir dari waktu ke waktu yang berlangsung seumur hidup manusia*.
*Mengukur dewasa tidaknya seseorang adalah dari tingkat sejauh mana seseorang mampu menyelesaiakan setiap masalah yang hadir disepanjang hidupnya dengan baik secara bertanggungjawab*.
Tidak ada pendewasaan bagi mereka yang tidak mau dan mampu mencari hikmah di dalam setiap kesulitan masalah yang dihadapi seseorang disepanjang hidupnya.
Gejolak masalah harus disikapi dengan tenang dan dengan menghormati hukum keseimbangan yang telah ditetapkan Tuhan di dalam ''Sunnatullah'' agar kehidupan kita tidak goncang, gelisah dan frustrasi.

No comments

Powered by Blogger.